Amalan di Bulan Puasa

 


Bulan puasa merupakan bulan suci umat muslim. Di bulan ini muslim akan menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamanya matahari. Selagi menahan hawa nafsu terdapat amalan yang dapat dikerjakan oleh umat muslim yang sedang berpuasa dan kegiatan ini menambah pahala bagi yang menjalankannya.


1. Meningkatkan Salat

Secara singkat, meningkatkan salat berarti yang awalnya hanya sekadar mengerjakan yang fardu maka kini ditambah dengan yang sunah. Salat sunah merupakan salat yang dapat dikerjakan di luar salat fardu. Salah satunya adalah salat sunah rawatib, yaitu salat yang melekat dengan salat fardu yang dapat dilakukan sebelum maupun setelah salat fardu.


Salat rawatib terdiri dari dua belas rakaat, di antaranya dua rakaat sebelum Subuh, empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Magrib, dan dua rakaat setelah Isya. Khusus untuk salat sunah rawatib sebelum Zuhur, diperbolehkan dua rakaat saja jika waktunya terbatas.


2. Banyak berinteraksi dengan Al-Quran

 berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. karena memberikan manfaat yang sangat banyak baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang sangat penting di bulan Ramadan. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an:


• Banyak membaca Al-Qur’an (qiraah). Di bulan Ramadan, targetnya haruslah khatam tiga puluh juz. Strategi yang dapat dilakukan agar dapat lebih mudah mengkhatamkan Al-Qur’an yaitu dengan dibagi tiga puluh yang berarti menargetkan sehari satu juz, lalu satu juz dibagi dalam lima waktu sholat, kemudian dibagi lagi menjadi sebelum dan setelah salat. Jika strategi ini konsisten dilakukan maka di akhir Ramadan insyaallah dapat mengkhatamkan tiga puluh juz Al-Qur’an.


• Tilawah, mengkaji Al-Qur’an. Banyak pahala yang didapatkan saat bertilawah. Selama bertilawah, rahmat Allah Swt. dibentangkan sehingga saat berdoa akan cepat dikabulkan dan ketika beristigfar akan diampuni. Selain itu, orang yang bertilawah akan diberikan ketenangan dalam jiwa.


3. Bersedekah

Perbanyaklah infak dan sedekah di bulan Ramadan karena bertepatan dengan waktu yang mulia sehingga setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya yaitu berupa 700 kali lipat dikali sepuluh. Selain itu, infak dan bersedekah dapat membantu banyak orang yang membutuhkan apalagi di masa pandemi saat ini.


Dalam hadis Ibnu Abbas r.a. disebutkan:


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ


Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Qur’an” (HR. Al-Bukhari).[4]


Sebagai kesimpulan, itu adalah 3 amalan utama yang bisa dikerjakan umat muslim yang sedang berpuasa di bulan suci ramadan.

Postingan populer dari blog ini

Say No to Narkoba!

Two Risk Factors for Gastric Cancer